Spanyol Pulang Kampung

Spanyol Pulang Kampung – Kekalahan tim nasional Spanyol di sesi 16 besar Piala Dunia 2018 dari Rusia, Minggu (1/7), tak terlepas dari buruknya tampilan penjaga gawang David De Gea dibawah mistar gawang.

Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2018 sesudah kalah adu penalti 3-4 (1-1 selama 120 menit) dari Rusia pada pertandingan yang berjalan di Stadion Luzhniki, Moskow.

Spanyol sudah sempat unggul melalui gol bunuh diri Sergei Ignashevich pada menit ke-12. Namun, lalu Rusia sukses menyamai posisi melalui penalti Artem Dzyuba pada menit ke-42.

Drama adu penalti lalu mesti di gelar untuk memastikan pemenang. Dua pelaksana eksekusi penalti Spanyol, Koke serta Iago Aspas, sukses digagalkan Igor Akinfeev. Sedang De Gea tak dapat menggagalkan empat pelaksana eksekusi penalti Rusia.

Diambil dari website resmi FIFA, De Gea adalah penjaga gawang dengan statistik penyelamatan terburuk di Piala Dunia 2018. Keseluruhan dari tujuh tembakan yang dilepaskan tim lawan, De Gea cuma dapat lakukan satu penyelamatan.

Satu penyelamatan ini berlangsung waktu Spanyol ditahan imbang Maroko 2-2 pada pertandingan paling akhir Group B di Stadion Kaliningrad, 25 Juni kemarin. Saat ini De Gea menggagalkan kesempatan Khalid Boutaib.

Penalti Dzyuba pada menit ke-42 adalah kali ke enam De Gea kebobolan dari tujuh shot on sasaran yang dihadapinya. Keseluruhan termasuk juga adu penalti melawan Rusia, De Gea kebobolan sepuluh kali di Piala Dunia 2018.

Piala Dunia 2018 adalah Piala Dunia pertama De Gea jadi penjaga gawang paling utama tim nasional Spanyol. Empat th. lalu di Brasil, penjaga gawang Manchester United ini cuma jadi pilihan ke-3 di belakang Iker Casillas serta Pepe Reina.