Chairman Carlos Ghosn Diamankan Oleh Aparat Jepang

Chairman Carlos Ghosn Diamankan Oleh Aparat Jepang – Berita mengagetkan hadir dari Nissan. Bos produsen mobil Jepang itu Chairman Carlos Ghosn diamankan oleh aparat Jepang. Ghosn diamankan sesudah terdapatnya penyidikan internal Nissan masalah tingkah laku Ghosn saat sekian tahun serta eksekutif yang lain.

Ghosn ditunjuk bertindak pelanggaran yang berarti, termasuk juga kurang memberikan laporan pembayaran paket kompensasi serta pemakaian asset perusahaan untuk pribadi.

Nissan menjelaskan mereka telah menyelidik Carlos Ghosn serta anggota dewan yang lain saat beberapa bulan sesudah terdapatnya laporan dari whistleblower.

“Dua orang ini telah diamankan Senin malam di Jepang, itu yang saya kenali,” tutur CEO Nissan Hiroto Saikawa dalam jumpa wartawan di Tokyo, Senin (19/11/2018).

Nissan menjelaskan Ghosn (64) bersama dengan anggota dewan yang lain Greg Kelly mencurangi laporan kompensasi yang di terima Ghosn. “Kecurangan yang lain juga telah diketemukan, seperti memakai asset perusahaan untuk pemakaian pribadi,” catat Nissan.

Seperti dikutip CNN, saham aliansi yang di pimpin Ghosn langsung rontok sesudah terdapatnya berita ini. Dengan Mitsubishi, Nissan serta Renault adalah produsen mobil paling besar dunia. 1 dari 9 mobil yang terjual dalam dunia ialah mobil dari aliansi ini. Dibawah kendali Ghosn, tiga produsen itu membuat aliansi yang dapat menaklukkan Volkswagen serta Toyota dalam soal penjualan kendaraan. Aliansi itu jual 10,6 juta kendaraan tahun kemarin.

“Nissan mohon maaf pada pemilik saham serta pemangku kepetingan yang lain. Kami selalu kerja mengidentifikasi permasalahan dalam tata kelola perusahaan dan ambil langkah yang pas