Bali Alami Penurunan Pebasket Top

Bali Alami Penurunan Pebasket Top – Bali diketahui menjadi penghasil pebasket top Tanah Air, akan tetapi belakang mulai alami penurunan. Jadi perbaikan juga mulai dikerjakan untuk hari esok lebih baik.

Di masa tahun 90 sampai awal tahun 2000, beberapa nama seperti Cokorda bersaudara, I Made Lolik Sudiadnyana, Riko Hantono, Tri Adnjaadi Lokatanaya, Suwandi Menara, membawa harum Pulau Dewata dalam dunia perbasketan nasional. Tidak hanya itu, mereka ikut diakui jadi pilar tim nasional Indonesia.

Eksistensi Bali menjadi penghasil pebasket Putra diteruskan oleh junior mereka yaitu IGN Teguh Putra Negara, IGN Rusta Wijaya serta tentu saja Ponsianus ‘Koming’ Nyoman Indrawan. Tetapi, sesudah itu, dunia perbasketan Bali malah mulai meredup sebab pergantian yang terhalang, walau team basket putrinya, Merpati Bali, dapat tampil oke di Srikandi Cup.

Lumrah bila publik Bali cemas lihat perubahan basket di daerah mereka sendiri. Ditambah lagi dunia berolahraga Bali tengah menggeliat kembali terutamanya di sepakbola dengan timbulnya Bali United.

Oleh karena itu menjadi bentuk dedikasi untuk tanah kelahirannya, Cokorda Raka Satrya Wibawa bersama dengan ASW (All Star Winners) merencanakan mengadakan kompetisi bola basket tingkat nasional antar SMA (putra putri) yang akan berjalan di GOR Ngurah Rai, Denpasar, 22-28 Oktober, bertopik Kadispora Cup 2018.

Cokorda Raka atau akrab dipanggil Wiwin berpengalaman di perbasketan nasional dengan segudang prestasinya baik saat aktif bermain untuk Aspac Jakarta ataupun waktu mencapai titel juara Indonesia Basketball League bersama dengan Satria Muda.

Wiwin juga mengharap Kadispora Cup 2018 bukan sekedar untuk menghidupkan kembali pertandingan basket di Bali semata-mata, tetapi ikut regenerasi pebasket Bali di waktu yang akan datang sekaligus juga pelajari potensi bakat muda.

“Dahulu saya banyak di tanya oleh rekan-rekan alat, kenapa Bali tidak miliki club basket putra yang bertanding di Kobatama, NBL, IBL, walau sebenarnya menurut mereka, Bali menjadi gudangnya bakat pebasket andal di tanah air,” tutur Wiwin dalam launching pada detikSport.